Olah Raga Billiard Serat Jiwa

Teknik Billiard

Terdapat bermacam-macam teknik pukulan dalam permainan billiar. Masing-masing pukulan mempunyai pergerakan dan arah yang berbeda dengan kecepatan yang kemudian disesuaikan oleh pemain. Teknik pukulan tersebut, diantaranya yaitu:

Stop shot/stop stroke

Ini jenis pukulan paling mudah dalam permainan billiard. Titik pukul stik dalam teknik ini dilakukan tepat di tengah-tengah bola putih. Efek yang dilakukan ialah bola berhenti di tempat apabila dipukul sejajar dengan bola sasaran. Apabila pukulan tidak sejajar, maka laju bola tidak akan berjalan terlalu cepat atau terlalu lambat.

Draw shot

Dalam menggunakan teknik ini, cara memukul bola putih yaitu sedikit di bawah titik tengah. Efek dari pukulan ini ialah bola akan berjalan mundur setelah terkena pool ball. Ini terjadi apabila bola sasaran dipukul secara sejajar, sedangkan apabila tidak sejajar, sudut pantul bola akan lebih besar.

Follow shot

Dalam menggunakan teknik ini, cara memukul bola putih sedikit di atas garis tengah. Efek yang terjadi jika pool ball dipukul secara sejajar, maka bola putih akan berjalan maju, sedangkan apabila tidak sejajar,maka bola putih akan mempunyai sudut pantul lebih sempit dan laju yang lebih cepat.

Spin shot

Dalam menggunakan teknik ini, cara memukul bola sedikit di kiri atau kanan titik tengah bola putih. Efek yang ditimbulkan dari pukulan ini ialah bola bergerak ke arah yang tak terduga setelah mengenai bola sasaran atau memantul ke tepi meja.

Masse

Teknik pukulan yang satu ini membuat bola putih bergerak melengkung. Teknik ini biasanya dilakukan saat bola sasaran terhalangi oleh bola lain.

Jump shot

Teknik pukulan yang satu ini membuat bola putih melompat untuk menghindari bola yang menghalangi jalur cue ball dengan bola sasaran. Teknik ini dilakukan dengan stik khusus, caranya yaitu dengan menekan bola putih dari atas sehingga bola bereaksi bergerak keatas.

English shot

Ini adalah istilah untuk memukul bola dengan menggunakan efek. Teknik pukulan yang satu ini memungkin bola bergerak tidak terduga.

Tujuan Billiard

Tujuan beragam jenis permainan biliar ialah untuk memasukkan bola secara berturut-turut dari nomor 1-9. Untuk memasukkan bola bisa  dilakukan secara langsung, yaitu dengan memukul bola bernomor paling kecil yang ada di atas meja atau mengkombinasikan bola sasaran dengan bola lain yang sekiranya dapat masuk ke dalam kantung meja.

Tujuan dan manfaat bermain billiard :

  1. Membakar Kalori

Kebanyakan orang tidak menganggap bermain biliar sebagai latihan yang berat, dan sebagian besar dari kita mungkin tidak akan kehabisan nafas selama pertandingan. Itu tidak berarti gerakan kita tidak membakar kalori. Bahkan, rata-rata pemain akan dengan mudah berjalan sekitar satu mil hanya dalam satu permainan biliar.

Oleh karena itulah mungkin tidak tampak banyak, tetapi bertentangan dengan duduk di sofa menonton TV, itu jauh lebih banyak. 

  1. Membangun Fokus

Mencoba untuk menemukan sudut sempurna untuk menepis dalam tembakan kita tanpa mengetuk bola 8-in membutuhkan banyak fokus. Hampir semua yang kita lakukan di meja biliar membutuhkan perhatian serius.

Kemampuan untuk memperhatikan detail-detail kecil dan fokus pada tugas yang ada saat menghalangi stimulus eksternal adalah penting bagi semua orang. Bermain biliar secara teratur dapat membantu kita membangun keterampilan semacam itu, yang bisa sangat berguna ketika kita sedang tidak bermain.

  1. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Sama seperti biliar membantu membangun fokus kita, bermain biliar juga dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis kita di meja dan dalam kehidupan. Sebagai contoh, menghitung pukulan bank yang sulit atau belajar mengiris bola cue kita dengan benar membutuhkan pemikiran logis, langkah-demi-langkah.

  1. Pertajam pikiran

Para pemain biliar seringkali memiliki pikiran yang lebih tajam, karena permainan memerlukan perhitungan matematika mental dan perkiraan yang harus dilakukan, seperti fisika dasar dan geometri saat bermain.

  1. Mengencangkan otot

Ketika bermain biliar, kita akan diuntungkan oleh pengencangan otot kaki, punggung, dan pinggul yang berdampak rendah karena kita harus menekuk dan menjangkau terus menerus saat bermain.

serat jiwa

belajar merendah dan mengalah sampai siapapun tak mampu untuk merendah dan mengalahkanmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.